Pertumbuhan teknologi yang semakin melejit memberi pengaruh besar terhadap pertumbuhan bisnis di Indonesia. Akhir-akhir ini, banyak pebisnis maupun pengusaha mulai berlomba-lomba untuk membuat dan memiliki sebuah toko online.
Mengapa???
Karena, dengan toko online kita mempunyai sebuah traffic tersendiri, selain itu toko online akan terus buka selama 24 jam full setiap harinya. Jadi, tidak akan khawatir toko tutup, sepi pengunjung dan lain-lain. Pengunjung akan langsung mengunjungi toko online, jika toko tersebut memberikan informasi yang detail terhadap sebuah produk serta memberikan harga yang wajar.

Namun, ada beberapa orang yang tidak bertanggungjawab memanfaatkan kemudahan toko online ini dengan melakukan tindak penipuan yakni membuat toko online murah yang berkedok penjualan barang via online.

Nah, supaya transaksi belanja di toko online aman dan nyaman, berikut tips cerdas memilih toko online terpercaya:

  1. Memiliki toko fisik dengan alamat yang jelas.
    Tentunya, dengan keberadaan alamat toko fisik ini dapat mempermudah pengunjung toko online menemukan alamat tokonya. Selain itu, adanya alamat toko memberikan kemudahan pengunjung untuk melakukan transaksi secara offline juga.
  2. Terdapat no HP pemilik toko atau customer service yang mudah dihubungi
    Adanya no HP, membantu pengunjung toko online untuk bertanya langsung kepada pemilik toko maupun customer service.
  3. Terdapat informasi detail tentang produk
    Adanya informasi produk yang detail, bisa menjadi ukuran pengunjung untuk melakukan transaksi misalnya supaya tidak salah memilih ukuran baju, warna, dan bahan.
  4. Adanya testimoni pelanggan
    Dengan adanya testimoni setidaknya telah memberikan 30% pengunjung toko online percaya bahwa produk tersebut benar-benar ada dan sampai kepada pembeli dengan aman.
  5. Tercantum no rekening untuk transaksi pembayaran
    Biasanya toko online terpercaya memilih bank berstandar nasional seperti misalnya Mandiri, BCA, BNI, atau BRI. Sedangkan diluar transaksi pembayaran menggunakan bank, biasanya pemilik toko online menggunakan paypal atau menerapkan sistem COD (cash on delivery) dalam melayani konsumennya.

Dengan menerapkan kelima tips di atas, semoga Anda bisa berbelanja online dengan mudah, aman, nyaman dan jauh dari praktek penipuan online.