Persaingan bisnis yang semakin ketat, memberikan dampak perubahan pada dunia pemasaran. Hal ini, cukup dirasakan bagi para pebisnis maupun pengusaha. Dimana, mereka harus mengimbangi metode pemasaran yang menjadi trend saat ini.

Bagi UMKM dan pebisnis tentunya paham dengan pemanfaatan teknologi, dimana dunia maya tidak lagi hanya menghubungkan orang dengan perangkat sebagai sumber informasi namun orang dengan orang lain di seluruh penjuru dunia melalui perangkat dan bermacam-macam teknologi di dalamnya. Model marketing inilah yang menjadi trend saat ini dan dinamakan dengan digital marketing. Karena dengan model digital marketing, kita bisa melakukan promosi dan melakukan riset market melalui media digital secara online.

Salah satu elemen dari digital marketing yang dengan dengan masyarakat adalah media sosial.
Media sosial menjadi strategi tersendiri untuk promosi, menaikkan omzet penjualan, dan membentuk branding dari sebuah bisnis. Di samping itu, kehadiran media sosial juga sangat dekat dengan berbagai kalangan masayarakat, sehingga mempermudah pebisnis untuk melakukan target pasar yang sesuai dengan produknya. Namun, dengan adanya digital marketing ini, bukan berarti pemasaran secara tradisional sudah tidak berlaku lagi. Karena setiap produk, memiliki karakter dan pasar tersendiri. Bagi para pelaku UMKM yang menggunakan media sosial untuk pemasaran online adalah sebuah pilihan yang tepat.

Berikut 5 manfaat digital marketing bagi pelaku UMKM:

  1. Biaya Ringan
    Pemasaran yang dilakukan melalui digital marketing sudah terbukti murah dibandingkan dengan pemasaran tradisional yang menggunakan media cetak maupun penyiaran melalui televisi. Pemasaran yang dilakukan secara tradisional bersifat komunikasi satu arah saja, sedangan digital marketing bisa terjadi komunikasi dua arah karena bisa memanfaatkan email, media sosial, whatsapp, iklan dan lain sebagainya.
  2. Realtime
    Dengan digital marketing, kita dapat melihat seberapa banyak jumlah pengunjung yang mengakses situs kita. Digital marketing juga memungkinkan kita untuk memasang iklan dengan cepat dan tepat tanpa perlu menunggu berminggu-minggu untuk melihat bagaimana perkembangan bisnis yang sedang berjalankan.
  3. Mudah Menarik Konsumen
    Digital marketing dapat dengan mudah mempengaruhi emosional konsumen sehingga mereka tertarik untuk mengetahui lebih jelas produk yang kita promosikan. Tanpa ada batasan ruang dan waktu, selama orang bisa mengakses internet selama 24 jam full, maka produk kita akan mudah dijumpai melalui berbagai media sosial yang banyak digunakan oleh konsumen.
  4. Menjalin Hubungan yang Lebih Baik
    Adanya digital marketing dapat membantu kita untuk merespon dengan cepat permintaan dan pertanyaan dari konsumen. Karena begitu banyak potensi yang bisa dimanfaatkan melalui digital marketing untuk mencapai hasil yang maksimal.
  5. Mudah Menentukan Segment Pasar
    Melalui pemanfaatan digital marketing, kita dapat dengan mudah menentukan target pasar yang sesuai dengan produk. Jadi, dalam menarik konsumen kita sudah mempunyai parameter tersendiri, sehingga dengan mudah dan cepat konsumen menghubungi kita dan terjadilah peningkatan penghasilan.

Kini anda tidak perlu takut untuk bersaing secara langsung dengan pebisnis kelas atas. Manfaatkan digital marketing dan perkenalkan produk anda dengan strategi yang terstruktur.

Indoniaga Technology sebagai salah satu jasa yang siap membantu bisnis Anda Go-Online. Segera Hubungi Kami.