Kecanggihan teknologi semakin lebih maju, dari yang awalnya hanya bisa ngakses internet di warnet kini internet bisa diakses dimana saja dan kapan saja. Kedekatan manusia dengan ponsel menjadi lebih dekat karena ada internet. Kemana-mana ponsel dibawa, lupa gak bawa ponsel rasanya semangat aktivitas menurun, bahkan ada yang rela balik pulang demi mengambil ponsel.

Internet memang gudangnya segala informasi dari A-Z. Bahkan, sekarang banyak aktivitas yang dilakukan dengan memanfaatkan internet. Salah satunya adalah berbisnis. Aktivitas ini sekarang banyak kita jumpai di berbagai media sosial daripada yang kita jumpai di lingkungan kita. Karena, untuk melakukan promosi di media sosial kita bisa menghemat pengeluaran untuk promosi secara offline. Hanya bermodal perangkat selular dan paket internet, kita bisa menjajakan barang secara online, lebih murah karena tidak perlu menyewa toko dan membeli alat-alat pendukung lainnya.

Nah, berikut ada 5 media sosial yang terukti ampuh untuk BERBISNIS.

  1. Facebook
    Tidak dapat dipungkiri, bahwa media sosial ini masih menjadi primadona di masyarakat. Sudah banyak para pebisnis yang memanfaatkan meia ini untuk berpromosi. Karena, melalui media ini kita bisa terhubung dengan ribuan teman.
    Promosi yang efektif di facebook yaitu dengan memanfaatkan fanspage. Salah satu kemudahan yang dimiliki facebook page (fanspage) untuk promosi bisnis adalah kita bisa menarget atau menentukan pasar yang sesuai dengan produk kita. Jadi, jika kita melakukan promosi difacebook seharusnya kita atur terlebih dahulu sasaran market kita, supaya tepat sasaran.
  2. Instagram
    Salah satu media sosial yang berfungsi atau berperan khusus untuk menampilkan gambar. Jadi, dengan media sosial ini kita bisa mudah melakukan promosi dengan mengupload gambar dan memberi hashtag. Di instagram kita juga bisa melakukan promosi berbayar seperti facebook.
    Menurut data SumAll, pendapatan yang dihasilkan oleh pengikut Instagram adalah 10 kali lebih besar daripada yang dihasilkan oleh seorang pengikut Twitter. Jostes pun merekomendasikan untuk menggunakan hashtag untuk mencari foto produk Anda. Dan jangan lupa, hubungkan instagram dengan facebook kita. Hal ini, untuk mempermudah follower mencari instagram kita dengan cepat dan tepat.
  3. Youtube
    Salah satu keunggulan dari situs ini adalah membangun kredibilitas dengan memanfaatkan pengetahuan dan ketrampilan. Beberapa brand ternama di dunia, memanfaatkan youtube untuk promosi produknya dan terbukti dari promosinya di situs ini mereka meraup omset yang luar biasa. Promosi dengan penjelasan detail produk yang ditampilkan dalam bentuk video mampu memberikan daya tarik tersendiri bagi konsumen daripada detail produk yang dijelaskan dalam bentuk teks.
  4. Twitter
    Salah satu situs yang hanya menampilkan pesan saja. Kita dapat menggunakan situs ini untuk mempromosikan acara, berita bukan jualan produk. Karena jualan produk dalam bentuk teks ini daya tariknya kurang sekali. Di twitter untuk memaksimalkan jangkauan jualan kita, maka gunakan simbol hashtag untuk menemukan informasi yang berhubungan dengan bisnis kita.
  5. Pinterest
    Situs ini hampir mirip dengan instagram yaitu sama-sama memiliki keunggulan sebagai tempat berbaginya foto.  Disinilah kemudahan bagi para fotografer dan penjual untuk mendesain foto produk yang menarik, sehingga dapat diakses oleh konsumen layaknya etalase produk namun secara online.